Memulai karirnya sbg insinyur di Lembaga Pusat Aero dan Hydrodinamika TsAGI pd taon 1925. Neh lembaga didirikan taon 1918 (one year after Bolshevik revolution) di Zhukovsky, sebelah slatan ibukota Mother Russia, Moscow.Pekerjaan besar yg dilakukan olehnya di TsAGI dimulai ktika buat design dan konstruksi utk pesawat pengebom Soviet kelas berat, yakni TB-1 dan TB-3. Prototipe dr kedua pengebom ini dibangun oleh industri Tupolev yg didiriin oleh Andrei Tupolev (1888-1972). Sbg lulusan MVTU (Institut Tinggi Pelatihan Teknik Moscow), Tupolev menjadi mentor bagi Pavel O Sukhoi. Pd 1938, Pavel O Sukhoi diangkat menjadi Kepala Departemen Desain Moscow karna bakat dan kepintarannya dlm bidang ini.
1939, Pavel O Sukhoi ngediriin Sukhoi OKB di Kharkov. Gak lama kemudian, pusat Sukhoi OKB dipindahkan ke wilayah Podmonskovye, Moscow. Dia ngeciptain pesawat penggempur darat Su-2 (mesin piston) dan Su-6. Keduanya dibuat pd taon 1940-1943 dan amat membantu kemiliteran Soviet disamping Polikarpov I-16 dimasa itu.
World War II usai, Joseph Stalin tidak menyukai semua produk Sukhoi OKB dan lebih suka pd industri pesawat tempur Mikoyan-Gurevich (MiG). Alasan Stalin adl "Produksi pesawat yg gak terpilih pun akan mengalami penurunan". Dibalik hal itu, ada rumor dikalangan pejabat Soviet bahwa Stalin tidak suka pd Pavel O Sukhoi scr pribadi.
Walopun dmikian, semangat Pavel O Sukhoi gak anjloq. Tim Sukhoi OKB membuat prototipe pesawat jet yg diberi kode KNOWN-09. Produk baru itu dipertunjukkan pd Stalin lagi, tapi Stalin meremehkan buatan Sukhoi OKB itu dgn berkata "KNOWN-09 tak lebih cuman menyontek Me-262 milik Nazi".
Industri pesawat Sukhoi OKB dan Yakovlev terdepak, sementara perusahaan saingan mereka, Mikoyan-Gurevich, membuat pesawat jet bernama MiG-15 dan memulai debut pd Perang Korea (lisensinya dibeli oleh pemerintahan Mao Zedong dan Kim El Sung dan diproduksi massal).
Sukhoi OKB trus menciptakan pesawat2 baru yg menghabiskan dana yg amat besar, tetapi semua ciptaan mereka itu ditanggapi negatif oleh pemerintah Soviet. Pavel O Sukhoi menutup Sukhoi-OKB setelah cukup lama bersabar dgn sifat pemerintah yg slalu meremehkan hasil karya mereka.
Sukhoi OKB dibuka kembali pd 14 Mei 1953, pas hari kematian sang diktator, Joseph Stalin. Dibuatnya Su-9 Fishpot B, Su-11 Fishpot C, dan Su-15 Flagoon. Itu utk kelas pesawat penyergap.
Utk kelas pengebom tempur, mereka produksikan Su-17 Fitter C dan Su-24 Fencer. 1960, Pavel O Sukhoi membuat prototipe penyergap jarak jaoh, dgn kode T-10. T-10 inilah yg menjadi Su-27 generasi pertama.
Perencanaan, perancangan, pengudaraan dan uji coba senjata pd Su-27 Flanker yg dimulai tgl May 20, 1977 tidak sempat disaksikan oleh bapak penciptanya sendiri. Pavel Osipovich Sukhoi meninggal pd September 15, 1975.
Hari natal pd taon 1975 (25-des), Presiden Akademi Iptek Uni Soviet memberikan medali emas dan penghargaan pd mendiang Pavel Sukhoi. Beliau dianggap sbg org yg berjasa bagi bidang kemiliteran Soviet disamping Mikoyan, Gurevich, Kalashnikov, Kuznetsov, Yakovlev, dll.
Selanjutnya abis kematiannya, Sukhoi OKB dipimpin oleh Mikhail Simonov.
Pavel Sukhoi lahir di Globukoye, Belarus pada 10 July 1895. (sumber : www.gameindo.com)


0 comments:
Post a Comment